Teologi

Text to Speech

Berisi artikel-artikel mengenai Teologi milik Dr. Bambang Noorsena.

ET’PATAH ISCS
Jum'at, 6 Maret 2020
 
“THARIQ AL-ALAM”
طريق الالام
(DOA-DOA JALAN SALIB)
 
Oleh: DR. Bambang Noorsena
Continue Reading
 Read More

Info lebih lanjut..??? READ MORE

 Read More

Malam mengatup sehitam jelaga
Udara pengap menguar kebencian
Sekarang atau kita hilang kesempatan
Penista agama mesti dilenyapkan
Jika Anak Tukang Kayu dibiarkan
Pamor kita pasti tamat
Kita tak lagi bebas jualan ayat
Ingat di depan umat
Saat kita didamprat
Munafik bejat
Manusia kuburan
Elok di tampilan

 Read More

Seminar diawali dengan presentasi Dr. Bambang Noorsena, yang menekankan pentingnya kajian hermeneutik arkheologis dalam Kitab Suci. Sebelum ditemukannya Batu Rosheta di Mesir 1799, kita hanya tahu kisah nabi-nabi, khususnya Yusuf dan Musa diutus kepada Bani Israil yang ditindas Firaun. Kita tidak tahu nama-nama para Firaun itu. "Firaun" bukanlah nama diri, tetapi jabatan umum yang artinya "raja''. Firaun zaman Yusuf tentu beda dengan zaman Musa, tetapi kita tak tahu nama dan identitasnya. Namun setelah penemuan aksara hieroglyph, kita baru bisa menyusun nama-nama raja Mesir kuno itu dan kronologi sejarahnya ....

 Read More

ISCS-Malang akan membuka Short Course satu minggu pada : Bulan Mei tanggal 11 s/d 17 dan Bulan Juni tanggal 8 s/d 14. Dengan biaya kontribusi sebesar Rp.1.800.000,- (Termasuk Makan, Snack, Materi, Stater Kit, dan Sertifikat). Info lebih lanjut dapat menghubungi Contact Person berikut : (Erni 0852-5281-9299 / ISCS 0822-3387-8684) 

 Read More

Salatiga-Yayasan Hidayah Bangsa bekerjasama dengan Fakultas Ushuluddin IAIN Salatiga, menyelenggarakan Seminar "Problematika Injil Barnabas", Kamis, 28 Nopember 2019. Acara dimulai jam 09.30, dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin, Drs. Abdul Syukur, M.Si. Dalam sambutannya menekankan bahwa seminar ini diharapkan dapat membangun dan mencerahkan generasi muda, khusunya mahasiswa Fakultas Ushuluddin, yang memang bidangnya merefleksikan pesan-pesan kerukunan di tengah perbedaan. Sementara itu Direktur Yayasan Hidayah Bangsa, Dr. Mahmud Farid Ibrahim, secara khusus mengemukakan pentingnya pemahaman umat Islam tentang Problematika Injil Barnabas yang sering dijadikan rujukan dalam dialog Kristen-Islam.

 Read More

Sejak "Majelis Ulama Indonesia (MUI)* Jawa Timur mengeluarkan taushiyahnya melalui suratnya No. 110/MUI/JTM/2019, yang menilai salam lintas agama sebagai syubhat yang dapat merusak kemurnian aqidah, telah menyulut kontroversi. Seperti diketahui, salam lintas agama akhir-akhir ini lazim dipraktekkan di Indonesia, seperti yang selalu diucapkan oleh Presiden Jokowi, para pejabat pemerintah, bahkan banyak dari tokoh-tokoh agama, baik Muslim maupun non-Muslim. Harus diakui pula bahwa dalam setiap agama pasti ada "ayat-ayat eksklusif", yang mudah ditafsir dan dijadikan sebagai dalil untuk mempertahankan superioritas agama kita di atas agama-agama lain.

 Read More

Dalam perjumpaan teologis dengan umat non-Kristiani, sering kali dipertanyakan: "Apakah Alkitab dijamin asli?" "Adakah Naskah Asli Alkitab?". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2011), batasan "asli" antara lain bukan salinan, saduran atau terjemahan (hlm. 94). Sedangkan "naskah" didefinisikan sebagai karangan yang masih ditulis dengan tangan" (hlm. 954). Jadi, kalau yang dituntut dengan "naskah asli" adalah αὐτόγραφον "autographon", yaitu tulisan tangan dari penulis aslinya, harus jujur dikatakan bahwa naskah asli Alkitab seperti itu sudah tidak ada lagi. Sebagaimana juga tidak ada naskah asli al-Quran atau Tipitaka dari tangan Nabi Muhammad atau Samg Buddha.

Faktanya, yang kini ada adalah salinan-salinan kuno ke sekian dari autograph. Makna kedua ini sejajar dengan kata "manuskrip" (dari kata Latin "manu" = tangan, dan "scriptum" = tulisan). Jadi, tulisan tangan tidak harus berasal dari dari penulis aslinya. Dalam makna yang demikian, kita memiliki ribuan naskah-naskah kuno Alkitab dalam bahasa asli, tak tertandingi oleh naskah-naskah kuno manapun. Bahkan kita masih memiliki gulungan-gulungan manuskrip kuno dari Qumran di Laut Mati, yang berusia lebih dari 2O00 tahun dari zaman kita sekarang.

 Read More

Dalam dialog dengan saudara kita Muslim, sering kali dipertanyakan bahwa dalam Alkitab Yesus adalah Nabi (Mat. 21:11), Rasul (Ibr. 3:1), lalu mengapa orang Kristen menyembah-Nya sebagai Anak Allah? Topik ini “laris manis” dan cukup berdampak, sehingga orang-orang Kristen yang lemah iman menjadikannya sebagai alasan meninggalkan Kristus. Penilaian “over simplicity” ini adalah pemaksaan paradigma teologis Islam untuk memahami Iman Kristen, yang bukan hanya salah tetapi juga merupakan bentuk imperialisme doktriner yang tidak fair.

Apakah beda nabi dan rasul dalam Islam? Salah satu definisi yang diberikan oleh ulama Islam, nabi adalah orang yang menerima wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri, sedangkan rasul menerima wahyu dari Allah untuk disampaikan kepada umat. "Inilah yang benar", tulis al-Qurthubi, "semua rasul adalah nabi, namun tidak setiap nabi itu rasul" (Tafsir al-Qurthubi 12/80). Sekalipun dalam Yahudi-Kristen juga dikenal kedua term tersebut, namun maknanya cukup berbeda. Untuk itu, kita harus memahami makna “nabi” dan “rasul” dalam Iman Kristen yang berakar pada konteks keyahudian, dan bagaimana penerapannya kedua istilah ini pada Yesus, Firman yang menjadi manusia (Yoh. 1:1, 14; 1 Yoh. 1:1; Why. 29:13).

 Read More

Sering dituduhkan bahwa konsep penebusan dosa dalam Iman Kristen berasal dari "kepercayaan kafir pra-Kristen", yaitu ritus tumbal darah. Mereka mempertentangkan penahan yang salah tentang penebusan tersebut dengan Alkitab yang menekankan “pertobatan” dan pengampunan dari Allah secara langsung, tanpa melalui korban berdarah. Bukankah Daud berdoa: “Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku” (Maz. 51:4).

Lagi, Maz. 51:9 mencatat: “Bersihkanlah aku dari dosaku dengan hyssop, maka aku menjadi tahir. Basuhlah aku, maka akan menjadi lebih putih daripada salju”. Dengan mengutip kedua ayat di atas, mereka lalu menyerang liturgi Ekaristi Suci “memakan daging Yesus dan meminum darah-Nya”. "Ajaran seperti ini ", lsgi-lagi serang para polemikus itu, "jelas-jelas  asal-usulnya dari ritus kafir". Benarkah tuduhan tersebut? Bagaimanakah Iman Kristen sendiri memahami pengampunan dosa melalui kurban salib Kristus?

 Read More

Ziarah ke Tanah Suci bersama Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk tour ziarah ke Tanah Suci Israel bersama Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

087771659955 (Bu Dini - WA/Call)

085859042229 (Bu Shafa - WA/Call)

Info flyer untuk jadwal ziarah berikutnya dapat dilihat di link berikut ini : INFO ZIARAH

Pemesanan Buku Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk membeli Buku-Buku Karya Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

085859042229 (Bu Shafa Erna Noorsena) 

Judul Buku yang Tersedia : ORDER BOOK