Dr. Bambang Noorsena "TERNYATA TAK SEMUA FIRAUN ITU KAFIR!"

Text to Speech



Malang: Bekerjasama dengan Equal Acces International, Senat Mahasiswa Universitas Muhammadiyyah Malang (UMM) menyelenggarakan The Heritage Seminar bertajuk "Normativitas dan Historitas Agama-agama", yang diselenggrarakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 Kampus UMM (Rabu,19 Februari 2020).

Hadir sebagai pembicara Dr. Bambang Noorsena, pendiri Institute for Syriac Culture Studies ( ISCS), Nafik Muthohirin, MA.Hum, Peneliti PSIF dan dosen Fakultas Agama Islam UMM, dan Robert John Pope, MA, Direktur Equal Acces International.

Seminar diawali dengan presentasi Dr. Bambang Noorsena, yang menekankan pentingnya kajian hermeneutik arkheologis dalam Kitab Suci. Sebelum ditemukannya Batu Rosheta di Mesir 1799, kita hanya tahu kisah nabi-nabi, khususnya Yusuf dan Musa diutus kepada Bani Israil yang ditindas Firaun. Kita tidak tahu nama-nama para Firaun itu. "Firaun" bukanlah nama diri, tetapi jabatan umum yang artinya "raja''. Firaun zaman Yusuf tentu beda dengan zaman Musa, tetapi kita tak tahu nama dan identitasnya. Namun setelah penemuan aksara hieroglyph, kita baru bisa menyusun nama-nama raja Mesir kuno itu dan kronologi sejarahnya

Setuju dengan Noorsena, Robert Pope mengatakan bahwa yang normatif dalam studi Kitab Suci belum tentu historis. Karena itu, dalam studi Kitab Suci keduanya harus berjalan bersama, saling melengkapi. "Yusuf hidup di Mesir kira-kira tahun 1700 SM", lanjut Noorsena. Karena itu bahasa yang budaya yang melatarinya harus dilihat dari bahasa dan budaya zamannya", jelas Noorsena.

"Duhulu", tambah pendiri ISCS tersebut, "para teolog belum mengerti apa arti gelar Yusuf "Zafnat Paneakh" dalam Kitab Taurat, Kejadian 41:45. Karena gelar itu dari bahasa Mesir kuno, bukan Ibrani atau Arab. Dengan arkheologi sekarang kita tahu arti gelar itu: "Kepada dia yg dipanggil hidup". Kata "Akh" artinya "hidup", seperti nama Firaun perintis monotheisme non-semitik, yaitu Akhenaton atau Akhenaten, yang artinya "Aton (Tuhan) itu hidup". Jadi, ternyata tidak semua Firaun itu kafir", tandasnya.

Menariknya, riset sarjana Perancis untuk memecahkan misteri hieroglyph itu mula-mula dari rasa penasarannya terhadap kata "Ra'amses" dalam Alkitab, Keluaran 1:11. Mungkinkah Ra'amses adalah nama penguasa pendiri kota itu, seperti Alexandria untuk mengabadikan nama Alexander Agung? Dan sumbangan bahasa Koptik sebagai bahasa zaman Firaun yang masih dilestarikan di Gereja Koptik sampai saat ini sangat besar dalam upaya perintisan awal kajian Timur Tengah kuno tersebut.

Pada sudut kajian yang
melengkapi, Nafik lebih banyak menyoroti model-model beragama di indonesia, mencoba melakukan auto-kritik di dalam kehidupan beragama umat muslim di Indonesia yang menarik dicermati saat ini, mulai dari yang konservatif, moderat hingga yang liberal. Hal tersebut khususnya dikemukakan oleh dosen Agama Islam ini untuk menajamkan perspektif kita dalam menjawab problematika mendesak dari bangsa kita sekarang, mengapa agama yang mestinya mengemban misi "rahmatan lil 'alamin", justru sering dijadikan alat politik yang cenderung membenarkan tindakan kekerasan.

Seminar ini cukup antusias diikuti oleh para aktivis kemahasiswaan dari berbagai Fakultas di UMM, bahkan dari universitas lain. "Tema ini baru pertama kita gelar, banyak hal penting yang ingin kita ketahui", kata Ilham Abdun Naser, Ketua Panitia SEMA UMM dalam Kata sambutan di awal acara. Seminar yang dihadiri sekitar 250 peserta ini ditutup sebelum tiba waktu shalat dhuhur, sekitar jam 12 siang (Team ISCS).

Oleh : ISCS Team
2020 © ISCS All Rights Reserved

Category:  Teologi

Ziarah ke Tanah Suci bersama Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk tour ziarah ke Tanah Suci Israel bersama Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

087771659955 (Bu Dini - WA/Call)

085859042229 (Bu Shafa - WA/Call)

Info flyer untuk jadwal ziarah berikutnya dapat dilihat di link berikut ini : INFO ZIARAH

Pemesanan Buku Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk membeli Buku-Buku Karya Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

085859042229 (Bu Shafa Erna Noorsena) 

Judul Buku yang Tersedia : ORDER BOOK