Iman dan Sejarah

Text to Speech
Sekecil apapun yang saya lakukan, sejak tahun 1996, saya "melawan arus" untuk menentang pengaburan sejarah, khususnya yang berkaitan dengan tempat-tempat Ziarah di Tanah Suci. Pada waktu itu tidak banyak orang Indonesia yang peduli dengan apa yang saya lakukan.

Pada bulan Desember 2017 "Holy Land Biblical Trip" yang saya pimpin mendapat penghargaan dari Israel's Nature Reserves and Nation Al Parks, karena mengunjungi situs-situs arkheologi yang sangat jarang dikunjungi, yaitu situs-situs Alkitab yang didasarkan hasil penggalian arkheologi yang serius, bukan sekedar tempat-tempat yang nyaman untuk berdevosi.

Semoga banyak orang Indonesia, khususnya para rohaniwannya, mau belajar sejarah dan arkheologi. Sebab sayang sekali, banyak peziarah Indonesia harus mahal-mahal keluar uang hanya untuk "pindah tempat ibadah", antara lain mengunjungi Kalvari Gordon yang tidak punya nilai historis ini. Sebagian dari mereka beralasan, gara-gara Gereja Makam Suci ada di tangan Katolik dan gereja-gereja ortodoks (Yunani, Koptik, Syria, Etiophia, Armenia).

"Kenapa situs-situs suci ini berada di tangan gereja Katolik dan Ortodoks", tanya salah seorang peziarah Indonesia. "Ya, betul, sebab Protestan baru lahir tahun 1517, dan waktu datang ke Holy Land, mereka sudah kehabisan kapling situs suci!", jawab saya. Bagaimanapun juga, kita harus memandang sejarah apa adanya, meskipun itu bukan gereja kita:

إِنَّ التاريخ الملئ بالأدلة هو صديق لالإيمان الملئ بالتضحيات
Inna at-Tārīkh al-muli'u bi al-adilāt huwa shadīqu li al-īmān al-muli'i bi at-tadhḥiyāt
Sesungguhnya sejarah yang penuh dengan bukti adalah mitra Iman yang penuh dengan bakti.

Oleh : Dr. Bambang Noorsena
2019 © ISCS All Rights Reserved
Category:  Teologi

Connect with Us

Ziarah ke Tanah Suci bersama Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk tour ziarah ke Tanah Suci Israel bersama Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

087771659955 (Bu Dini - WA/Call)

085859042229 (Bu Shafa - WA/Call)

Info flyer untuk jadwal ziarah berikutnya dapat dilihat di link berikut ini : (Menyusul)

Pemesanan Buku Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk membeli Buku-Buku Karya Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

085859042229 (Bu Shafa Erna Noorsena) 

Judul Buku yang Tersedia : ORDER BOOK