Teologi

Text to Speech

Berisi artikel-artikel mengenai Teologi milik Dr. Bambang Noorsena.

)
 Read More
)

Karena itu berbeda dengan Yoh. 1:1 yang menegaskan bahwa Allah sendirilah Logos itu (καὶ Θεὸς ἦν ὁ Λόγος. "Kai theos en ho logos), maka Philo menyebutnya "Logos Ilahi" (θείος λογος), "theios Logos"), dan bukan θεος "Theos" (Allah) itu sendiri.
Dengan demikian, berbeda dengan Yohanes, Philo tidak pernah mengenai Logos sebagai "hypostasis" pre-eksisten yang selalu bersama-sama Allah dan Allah itu sendiri. Bagi Yohanes yang mengacu kepada דבר "Davar" dalam Perjanjian Lama Ibrani, Allah telah menciptakan dengan Logos-Nya dari tidak ada menjadi ada: "Segala sesuatu djadikan oleh Dia, dan tanpa Dia tidak ada sesuatupun yang jadi dari segala yang telah dijadikan" (Yoh. 1:3).

Sedangkan mengacu kepada מימרא "Memrā" dalam Targum, Yohanes menegaskan: καὶ ὁ Λόγος ἦν πρὸς τὸν Θεόν, "Kai ho Logos en pros ton theon" (Firman itu bersama-sama Allah), sekaligus "kai theos en ho Logos" (Allahlah Firman itu). Karena itu, sebagaimana yang ditekankan oleh Alfred Edersheim (1995:33), Λόγος "Logos" dalam pemikiran Philo yang "impersonal, an intermediary being" jelas-jelas berbeda dengan מימרא "Memra" dalam Targum yang melatarbelakangi prolog Injil keempat (Yoh. 1:1-14). Jadi, relasi Hellenisme dalam teologi Kristen hanya bersifat sampingan, sebatas kesamaan istilah, tetapi maknanya bertolak belakang.

 Read More
)

Philo dari Alexandria (20 SM-50 M) adalah seorang Yahudi Diaspora yang pemikiran teologisnya sangat dipengaruhi oleh filsafat Plato dan para penerusnya. Pemikiran Philo merupakan sintesa yang unik antara Platonisme, filsafat Stoa dan Monoteisme Yahudi. Philo adalah anggota dari masyarakat Yahudi Hellenik yang cukup tersohor, dan merupakan salah satu corong yang menyuarakan pemikiran Yahudi Helenik pada abad pertama. Salah satu pemikiran Philo yang paling menonjol dan dapat dikaji dalam kaitannya dengan studi Perjanjian Baru adalah mengenai Λόγος "Logos" (Firman, Pikiran, atau Sabda Allah).

Istilah Λόγος "Logos" sangat penting bagi Philo, karena ia menggunakan kata ini lebih dari 1400 kali dalam berbagai tulisan-tulisannya. Tulisan-tulisan para Rabbi pra-Krieten juga tidak luput dari pemikiran Hellenik yang mengelilingi, minimal ada tarik menarik antara 2 aliran pemikiran yang cukup menonjol sebelum dan pada awal-awal tarikh Masehi. Perlu dicatat pula, jauh sebelum zaman Philo, Perjanjian Lama sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani oleh komunitas Yahudi di Alexandria, kira-kira abad III SM. Perlu dicatat pula, kata דבר "Davar" (Firman) TUHAN) juga diterjemaahkan menjadi Λόγος "Logos" dalam naskah yang lazim dikenal sebagai Septuaginta ini.

 Read More
)

Kulo nuwun. Telah beberapa hari berita ini viral, Paus Fransiskus menyetujui perubahan satu frasa dari Doa Bapa Kami. Sebelumnya berbunyi “Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan”, kini menjadi “Janganlah biarkan kami jatuh ke dalam pencobaan”. Kontroversi pun bergulir, kaum lemah akal yang kejangkitan “Zakir Naik effect” mulai nuduh-nuduh: “Nah, ini buktinya! Paus setuju mengubah Alkitab!”. “Firman Allah kok direvisi!”. Lagi, “Ini bukti Bible bukan Injil yang asli!”. Padahal yang diubah hanya terjemahan, bukan teks aslinya. Dan hal itu bisa terjadi juga pada kitab-kitab suci agama apapun.

Menurut tim penerjemah New English Translation Bible (NET), permohonan “Janganlah bawa kami ke dalam pencobaan”, sama sekali tidak berarti bahwa Tuhan sebagai penyebab pencobaan, melainkan sebagai gaya retoris permohonan perlindungan dari dosa. Jadi, Paus tidak salah karena mengijinkan perubahan dalam terjemahan bahasa Itali untuk Misele (buku misa kudus): “Janganlah biarkan kami jatuh ke dalam pencobaan”.

 

 Read More
)

Seperti yang ditulis Plato dalam bukunya Apologia, Socrates (469-399 SM) dipidana mati oleh εκλλεσια “ekklesia” (pengadilan) Athena, karena dituduh meracuni pikiran para pemuda, mengajarkan ilah-ilah asing, dan αθεος “atheos” (menyangkal ilah) yang diakui oleh negara. Kira-kira enam abad setelah Socrates, St. Paulus juga diadili di Areopagus, di kota yang sama, yang dituduh sebagai “pemberita ajaran dewa-dewa asing” (Kis. 17:18). Μenariknya lagi, keduanya juga berinteraksi dengan para penyair sebagai salah satu dari profesi penting di Yunani kuno. Bedanya, kalau Socrates menyerang keras para penyair yang pandangannya tidak disetujuinya, St. Paulus justru mengutip salah satu syair dari penyair mereka, Aretes: “Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu” (Kis. 17:28). Bertitiktolak dari syair ini, St. Paulus melakukan reinterpretasi demi pewartaan Injil.

 Read More
)

Hari      : Rabu, 19 Juni 2019

Pukul    : 11.00 - 15.00 WIB

Tempat : Lt.1 Auditorium Matana University Tower, Jl. CBD Barat Kav RT.1 Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang Banten 15810

Pendaftaran :
Yohanes Damaskinos (0821 1480 8528)

Veronica (0852 1081 7865)

 Read More
)

Perlu dicatat, kisah Epimenides dan pembebasan Athena dari wabah sampar oleh ilah yang tidak dikenal nama-Nya ini, rupanya terus hidup dalam “memori kolektif” rakyat Athena selama ratusan tahun. Dan ketika St. Paulus berdiri di Areopagus, tempat semua peristiwa itu dahulu benar-benar terjadi, pledoi sang rasul begitu menggugah kerinduan mereka akan Allah yang benar yang wajah-Nya selama ini terkaburkan oleh konsep-konsep pagan mereka. ΑΓΝΩΣΤΩ ΘΕΩ, “Agnosto Theo” (Allah yang tidak dikenal), tegas Sang Rasul laksana menyibak tirai yang selama itu menutup mata rohani mereka, “Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.” (Kis. 17:23).

 Read More
)

ISCS akan membuka "Short Courses" satu minggu di Kota Malang.

 Read More
)
 Read More
)

HAPPY PASSOVER 2019

 Read More

Ziarah ke Tanah Suci bersama Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk tour ziarah ke Tanah Suci Israel bersama Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

087771659955 (Bu Dini - WA/Call)

085859042229 (Bu Shafa - WA/Call)

Info flyer untuk jadwal ziarah berikutnya dapat dilihat di link berikut ini : INFO ZIARAH

Pemesanan Buku Dr. Bambang Noorsena

Bagi Anda yang berminat untuk membeli Buku-Buku Karya Bapak Dr. Bambang Noorsena dapat menghubungi Contact Person di bawah ini :

085859042229 (Bu Shafa Erna Noorsena) 

Judul Buku yang Tersedia : ORDER BOOK